Rabu, 19 April 2017

Tugas Kesimpulan & PertanyaanKomunikasi Data #SharetulisanTeman






#PunyaFahriLudin
Kali ini saya akan sedikit mengulas kesimpulan & pertanyaan dari yang teman saya tulis oke langsung cekidot....
1.Apa perbedaan Hub dengan Switch ?
Jawab:
Pengertian Hub dan Switch
Switch ialah sebuah perangkat keras yang memungkinkan terjadinya distribusi 
packet data antar komputer dalam jaringan dan mampu untuk mengenali topologi jaringan di banyak layer sehinggapacket data dapat langsung sampai ke tujuan.

Hub ialah perangkat jaringan yang sederhana. Hub tidak mengatur alur jalannya data di jaringan, jadi setiap packet data yang melewati Hub akan dikirim(broadcast) ke semua port yang ada hingga packet data tersebut sampai ke tujuan. Hal tersebut dapat membuat hub menjadi collisions dan memperlambat jaringan. (Hub juga sering dikenal dengan namarepeater)
Switch dan Hub sebenarnya memiliki fungsi yang sama, karena dengan menggunakan salah satu diantaranya kita tetap bisa membuat Jaringan Komputer, tapi penggunaan Switch akan lebih cepat daripada Hub apalagi bila jaringan yang kita punya sangat besar.

Perbedaan Hub dan Switch

“Perbedaan Hub dan Switch” terletak dari bagaimana packet data / informasi yang dikirim kepada mereka diproses. Ketika data masuk atau datang ke Hub, Hub akan mengambil data tersebut dan akan mentransmisikannya ke setiap komputer yang terhubung ke Jaringan.
Tetapi lain halnya dengan Switch, ia akan menerima data tersebut dan hanya akan mengirimkannya ke komputer yang berkepentingan menerima data tersebut.
Penggunaan Switch akan memotong penggunaan bandwith jaringan anda secara signifikan, terutama bila kita memiliki jaringan dengan banyak komputer dan semuanya sibuk untuk mengirim dan menerima data disaat bersamaan. Keunggulan switch yang lain ialah data akan lebih aman dari aksi pencurian data dengan cara sniffer.
2.Berapa max jangkauan AP outdoor?
Jawab:

Access Point Outdoor dapat memancarkan sinyal maksimal sejauh 100 meter sampai 110 meter. 

3.Berapa max jangkauan AP indoor ?

Jawab:
Access Point Indoor hanya dapat menjangkau sampai 15 mter sampai 20 meter

4.Jenis kabel yang digunakan dalam access point?
jawab:
AP menggunakan kabel straight

5.Bagaimana cara konfigurasi Interface Mikrotik?

Jawab:

Ethernet yang terpasang secara default akan diberi nama dengan ether1, ether2 dan seterusnya oleh MikroTik. Untuk memudahkan kita mengingat ethernet card yang terhubung ke jaringan publik dan ethernet yang terhubung ke jaringan lokal, maka kita bisa memberikan nama interfaces tersebut sesuai dengan keinginan kita. Misalnya ethernet 1 kita beri nama “publik”, dan ethernet 2 kita beri nama “lokal”.
Perintahnya adalah :
[admin@MikroTik] > interface set ether1 name=publik
[admin@MikroTik] > interface set ether2 name=lokal
Kemudian untuk pemberian IP Address pada Interface yang sudah kita ganti nama tadi adalah sebagai berikut:
[admin@MikroTik] > ip address add address=192.168.1.2/24 interface=local. Set ip address setiap Ethernet untuk konfigurasi ip di mikrotik

6.   Bagaimana cara konfigurasi IP Address?

Jawab:

  Lancard satu untuk koneksi modem, lancard dua untuk koneksi ke jaringan local, dan lancard ketiga untuk koneksi ke access point. Sebelum konfigurasi ip pastikan disable server pada komputer dan pastikan ketiga lancard tidak ada ip addressnya. Kemudian non aktifkan lancard access pointnya. Langkah pertama ialah cara konfigurasi ip, klik terminal kemudian ketik interface print untuk mengetahui konfigurasi lancard. Kemudian ganti nama ketiga lancard, menjadi “modem”, Ethernet 2 “access point” dan Ethernet ketiga menjadi “switch.Kemudian set IP address, kemudian cek ip address dengan perintah ip address print.

7.Bagaimana cara konfigurasi IP hotspot?

Jawab:

 Pilih IP kemudian DNS setting pilih gateway pastikan telah aktif terinstal, kemudian pilih IP pilih Hotspot set up pilih access point.

8.Bagaimana cara konfigurasi DHCP server ?

Jawab:

Caranya pilih IP pilih DHCP setup,pilih Ethernet yang mau diberi akses dhcp.

9.Bagaimana cara menginstall mikrotik menggunakan file iso ?

J       Jawab:

  1. Download file ISO Mikrotik nya. Kalian bisa download disini 
  2. Burn file ISO nya ke CD.
  3. Masukkan cd mikrotik ke dalam cd/dvd room.
  4. Setting bios komputer anda, pada booting awal (first boot)nya adalah cd/dvd room anda.
  5. Setelah di setting maka komputer anda akan booting pertama kale ke cd/dvd room anda. Jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
  6. Lakukan proses instalasi Mikrotik dengan memilih (check) semua pilihan yang ada dengan tombol ‘a‘. Kalo udah dicentang semua tekan tombol ‘i’ untuk meginstall Mikrotik.
  7. Tunggu bentar sampe proses instalasi nya selesai. Sabar yahh, cuma bentar kok.  Kalo udah selesai tekan tombol Enter untuk reboot
     
  8. Setelah komputer anda restart maka anda akan diminta untuk check disk atau tidak. Klik tombol “Y” untuk menyetujui, atau klik tombol “N” untuk tidak menyetujui. 
  9. Setelah itu akan muncul tampilan login. “admin” (tanpa tanda petik) pada Mikrotik Login. Dan pada password enter aja. karena password defaultnya tidak ada password
  10. Jika berhasil maka akan muncul gambar tampilan awal mikrotik (lihat gambar dibawah ini). Menandakan anda telah berhasil menginstal mikrotik. 
Sekarang Mikrotik RouterOS nya sudah terinstall di PC anda. 

10.Apakah cara konfigurasi semua tipe Routerboard itu sama?

Jawab: 

cara konfigurasinya hampir sama saja


Tidak ada komentar:

Posting Komentar