Jumat, 05 Agustus 2016

Komunikasi Data Kelas 2 TKJ







Buku ini atas kepemilikan Bima Aji Wicaksono

 Assalamualaikum, udh lama ga mosting nih ini postingan terbaru gua langsung check aja......

        Komunikasi data adalah pengiriman data menggunakan transmisi elektronik dari terminal atau komputer satu ke terminal atau komputer lain. Sistem yang memungkinkan terjadinya transmisi data disebut jaringan komunikasi data. Jaringan komunikasi data merupakan komponen penting bagi peradaban  masyarakat di abad ini, yaitu peradaban yang didominasi oleh komputer dan yang menjadikan informasi menjadi komoditas utama.
KOMPONEN UTAMA KOMUNIKASI DATA
1. Sumber (source)
Alat/komponen yang membangkitkan data atau informasi yang akan di transmisikan, dapat berupa alat input pada komputer. Alat ini dapat mengubah informasi audio, video atau teks menjadi satuan data untuk di proses pada sistem komputer.

2. Pengirim (transmitter)
Alat untuk memproses data atau informasi yang berasal dari sumber (source) agar dapat di salurkan oleh sistem/media transmisi.
Bentuk fisik nya dapat berupa komputer personal yang dapat mengolah segala bentuk informasi, atau secara khusus dapat berupa pesawat telepon untuk komunikasi dengan informasi berupa suara (voice).

3. Sistem Transmisi
Berupa jalur transmisi tunggal (single transmission line) atau jalur kompleks (complex network) yang menghubungkan sistem sumber dengan sistem tujuan, secara fisik dapat berupa media wireline atau media wireless.

Jalur transmisi tunggal, maksudnya adalah antara perangkat pengirim dan penerima satu jenis media dalam satu segmen jaringan.Sedangkan maksud dari jalur kompleks adalah perangkat pengirim dan penerima dihubungkan oleh satu sistem

4. Penerima (receiver)
Alat untuk menerima sinyal dari sistem transmisi dan memproses menjadi informasi yang dapat ditangkap/ diproses oleh tujuan. Fisiknya dapat berupa komputer personal untuk fungsi informasi secara umum.

MANFAAT KOMUNIKASI DATA
-time sharing yaitu metode penyampaian data menggunakan perhitungan
-data sharing yaitu computer dapat menggunakan data dari computer lain
-program sharing yaitu memberikan akses multi satu aplikasi
-equipment sharing yaitu menjalankan perakitan dalam waktu yang sama.



Semoga bermanfaat 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar