Sabtu, 19 September 2015


TENTANG TEKNOLOGI DAN INFORMASI 

 

  Hi agan agan semua kemballi lagi di blog gw , sorry nih gw lama bgt ga ngepost gara2 sibuk biasalah anak rantau :v kali ini gw bakal bahas tentang teknologi dan informasi yaudah gausah banyak basa basi langsuk smak aja :D  
Driver dan Prosesor

1.    Device driver 



Device driver  (Pemacu peranti) adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputeruntuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras . Device driver, dibuat dengan tujuan untuk mentranslasikan fungsi-fungsi sistem operasi ke dalam perintah yang dimiliki oleh perangkat yang bersangkutan. Secara teoritis, sebuah perangkat yang baru, yang umumnya dikontrol dengan menggunakan cara yang baru dapat bekerja dengan normal jika memang terdapat device driver yang cocok. Driver yang baru ini akan menjamin bahwa perangkat yang bersangkutan dapat beroperasi seperti biasa dari sudut pandang sistem operasi.


2.   Cara Mudah Install Driver Secara Manual pada komputer / notebook





 Cara Mudah Backup Driver Windows Menggunakan DriverMax. Lebih jelasnya ikuti petunjuk di bawah ini:

·                     Buka Properties Komputer. Kalau di Windows XP, klik kanan My Computer dan pilih Properties. Kalau di Windows 7, klil tombol Start, Pilih Computer, klik kanan dan pilih Properties.
·                     Selanjutnya, klik tombol Device Manager.
·              Klik kanan salah satu device yang drivernya belum teinstall dengan sempurna dan lanjutkan dengan memilih Update Driver.
·                     Pada bagian Welcome to the Hardware Update Wizard, pilih Yes this time only dan lanjutkan dengan klik tombol Next.
·                     Selanjutnya, pilih Install from list or specific location (Advanced) yang diikuti dengan klik tombol Next.
·                     Pada bagian Please choose your search and installation options, klik tombol Browse dan pilih di mana lokasi di mana anda menyimpan file driver.
·                     Setelah lokasi file driver sudah ketemu, lanjukan dengan klik tombol OK yang diikuti dengan tombol Next. Pastikan anda sudah memilih folder yang tepat sebelum melanjutkan proses install driver.
·                     Tunggu sampai proses selesai dan terakhir klik tombol Finish.
·                     Jika komputer/notebook anda meminta restart, ikuti saja prosesnya agar keseluruhan proses update bsia berjalan dengan maksimal.
Sekarang, dengan pedoman ini anda tidak akan kebingungan lagi jika harus menginstall driver secara manual.
Selain itu, seperti pada keterangan sebelumnya, cara ini juga bisa digunakan untuk menginstall driver dari file backup driver yang dihasilakn oleh DriverMax. Yang perlu diperhatikan, arahkan folder driver pada lokasi di mana anda menyimpan file driver. Jika anda salah memilih, anda bisa mengulanginya lagi sampai driver bisa terinstall dengan baik.
Selamat mencoba dan semoga berhasil.

3.   SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN PROSESOR


SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN PROSESOR Mikroprosesor yang pertama kali diciptakan adalah intel 4004 pda tahun 1971. Prosesor ini sangat sederhana hanya bisa untuk operasi sebesar 4 bit per detik. Aplikasi prosesor ini untuk menyusun kalkulator elektronik portable. Pada tahun 1974, prosesor intel 8080 pertama kali dipergunakan untuk komputer rumah. PC yang dikenal saat ini diperkenalkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1982 dengan nama IBM PC, menggunakan mikroprosesor intel 8088 yang sebenarnya telah diperkenalkan pada tahun 1979. Catatan : Tahun menyatakan tahun saat prosesor diproduksi pertama kali. Sedangkan prosesor yang namanya sama berarti prosesor tersebut dikembangkan beberapa kali. Transistor menyatakan jumlah transistor yang terkandung dalam sebuah chip. Kecepatan clock menyatakan jumlah pulsa yang dapat dibangkitkan oelh clock pemicu prosesor. Lebar data menyatakan lebar dari ALU (bagian prosesor yang menangani mengontrol kinerja komputer). MIPS (Millions of Instructions Per Second) menyatakan jumlah instruksi yang dapat diproses per detik oleh prosesor. KECEPATAN PROSESOR Angka dan satuan yang terletak setelah nama prosesor menyatakan kecepatan prosesor atau lebih tepatnya adalah jumlah pulsa yang dapat dihasilkan oleh clock pada prosesor per detik. MIPS biasa digunakan pada workstation, minicomputer, an mainframe, sedangan flops biasa diguanakan pada supercomputer. Satuan yang lebih besar dari flops adalah megaflops, gigaflops, teraflops, dan petaflops.
TUGAS PROSESOR Prosesor terdiri dari dua bagian yaitu :
a. Control Unit (CU) merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer.
 b. Aritmetic Logic Unit (ALU) merupakan bagian dari prosesor yang bertugas mengolah data aritmatika (menambah, mengurang, dan lain-lain) serta data logika (perbandingan).
      i.        Dual Core

Dual Core ("Inti Ganda") adalah penggunaan dua buah inti (core) prosesor dalam sebuah kemasan prosesor konvensional. Dual core (inti prosesor) ditempatkan pada sebuah CPU untuk meningkatkan kinerjanya. Setiap core ini tidak lebih cepat dibanding CPU biasa dengan clockspeed yang sama, tetapi semua proses perhitungan dibagi kepada 2 inti prosesor tersebut.
Logikanya, menggunakan prosesor multi-core akan mempercepat perhitungan algoritmayang dikerjakan sebuah sistem PC. Diibaratkan, berpikir sebuah pekerjaan dengan menggunakan dua otak, tentunya pekerjaan itu akan lebih cepat selesai. Produsen prosesor terkemuka di dunia (Intel dan AMD), mengembangkan teknologi dual core ini karena tuntutan aplikasi-aplikasi yang semakin tinggi atas prosesor yang memiliki tingkatkomputasi yang tinggi. Karena pengembangan prosesor dengan menggunakan satu inti sudah mulai stagnan, maka mulai dikembangkan prosesor yang memiliki inti prosesor lebih dari satu.
    ii.        execute disable bit
Pengertian Execute Disable Bit adalah teknologi milik intel yang diterapkan pada prosesor untuk mencegah kode program jahat untuk masuk dalam buffer memori. teknologi ini untuk menangkal virus yang bekerja dengan memanfaatkan memori sistem.
Fitur Execute Disable Bit bisa diaktifkan melalui BIOS pada Motherboard yang mendukungnya.
   iii.        L2 Cache
L2 cache adalah memori sementara pada processor. Jadi ketika komputer dimatikan, maka ingatan yang ada pada processor pun akan hilang. L1 dan L2 mempunyai fungsi dan perbedaan, diantaranya adalah Fungsinya sama dengan L1 Cache, L2 Cache dikenal juga dengan nama secondary cache, adalah memory yang memiliki urutan kecepatan kedua (tipe memori yang paling cepat adalah L1 Cache) yang disediakan untuk mikroprosesor.
   iv.        Spreadsheet
Spreadsheet  adalah satu halaman besar berisi tabel. Program aplikasi tabulasi dan pengolah data pada komputer. Contoh perangkat lunak aplikasi spreadsheet ini adalah Microsoft Excel, Quatro Pro, Spreadsheet pada StarOffice, Lotus, Lucida 3D, Twin, Twin Advanced, VP Planer, Multiplane.
 Spreadsheet ini juga biasanya di gunakan untuk melakukan perhitungan yang menggunakan tabel (tabulasi). Funsi standar yang di gunakan adalah penjumlahan di suatu range dalam baris atau kolom tertentu, atau fungsi lainnya seperti pencarian nilai rata-rata, maksimal, minimal atau deviasi. Automasi pemrosesan dapat dilakukan dengan menggunakan m acro, misalnya perhitungan bulanan.
    v.        front side bus
            Front side bus (FSB) adalah sebuah jalur listrik pada motherboard komputer, yang menghubungkan berbagai komponen perangkat keras ke mikroprosesor utama, atau central processing unit (CPU). Jika Anda berpikir bahwa CPU sebagai otak dari komputer, dan memori, hard disk dan komponen lainnya sebagai organ, Front side bus akan mirip dengan sistem saraf utama dari link organ-organ ke otak.
Front side bus adalah merupakan bi-directional, yang berarti data dapat mengalir dua arah, memungkinkan komponen untuk mengirim dan menerima data dari CPU. Karena begitu banyak data melewati Front side bus, keseluruhan kinerja komputer akan tergantung pada kecepatan FSB. Kecepatan Front side bus tergantung pada seberapa lebar Front side bus ini, frekuensi, dan jumlah data yang dapat diproses per clock CPU.
Front side bus dinyatakan dalam ukuran bit-size. Front side bus 32-bit adalah dua kali lebih besar dari Front side bus 16-bit. Frekuensi yang ditunjukkan oleh FSB adalah megahertz (MHz). Semua hal lain dianggap sama, sebuah front side bus 400 MHz akan lebih cepat dari FSB 300 MHz. Juga harus dipertimbangkan adalah seberapa banyak transfer data per clock yang dapat diberikan.
FSB berkomunikasi dengan komponen melalui chipset komputer. Chipset terdiri dari dua prosesor, yang dikenal sebagai Northbridge dan Southbridge. Kedua chip mengumpulkan data dari komponen tertentu, menyalurkan semua informasi itu ke CPU melalui FSB.
Kecepatan dari Northbridge dan Southbridge tergantung pada kecepatan front side bus. Sebuah CPU yang cepat diinstal pada sebuah motherboard dengan front side bus yang tidak cukup efisien untuk CPU akan mengakibatkan kemacetan data. Jika CPU jauh lebih cepat dari FSB maka, CPU akan sering duduk diam, menunggu instruksi baru dari front side bus. Untuk mewujudkan optimasi kinerja dan manfaat penuh dari CPU, front side bus yang besar juga diperlukan.
Untuk lebih meningkatkan kinerja, motherboard fitur side bus modern langsung menghubungkan CPU dengan cache khusus (memori) cadangan. Cadangan CPU cache inilah yang umum dikenal sebagai Level 2 (L2) dan Level 3 (L3) cache. CPU akan menyimpan data yang sering diakses di sini untuk pencarian cepat.
Dalam sistem komputer modern, slot Accelerated Graphics Port (AGPS) dan Peripheral Component Interconnect (PCI), baik Standar dan Express, menggunakan bus mereka sendiri untuk pengolahan data grafis secara langsung, menghilangkan front side bus mainboard. Hal ini membantu meningkatkan benchmark dan juga meningkatkan pemrosesan video untuk game dan streaming aplikasi multimedia seperti film.
4.     

      i.        PIXEL
            merupakan sebuah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inci. Pixel sendiri berasal dari kata akronim inggris, yaitu Picture Element, yang kemudian disingkat menjadi PIXEL. Pada ujung tertinggi resolusi, mesin cetak gambar berwarna dapat menghasilkan cetakan yang memiliki lebih dari 2.500 titik per inci, dengan pilihan 600 juta warna lebih untuk setiap inci. Dalam istilah komputer adalah, berarti satu inci persegi yang bisa ditampilkan pada tingkat resolusi tersebut sepadan dengan 150 juta bit informasi.
    ii.        RAM
RAM komputerPengertian RAM adalah memori akses acak. Jika terasa aneh, anda tidak keliru, karena pengertian RAM yang barusan adalah diterjemahkan secara bebas dari singkatan RAM itu sendiri. RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Fungsi RAM secara sederhana adalah sebagai media simpan sementara yang digunakan hanya saat computer menyala.
   iii.        ROM
Istilah ROM pastinya sering pula Anda dengar dan baca, ROM sendiri merupakan singkatan dari Read Only Memory yang apabila didefinisikan adalah media penyimpanan file sistem di mana jenis data yang terkandung di dalamnya tidak dapat diisi, di-edit atau dibuat melainkan hanya dapat dibaca serta bersifat tidak mudah hilang atau permanen.
Itu perbedaan mendasar antara ROM dan RAM, jika ROM hanya bisa dibaca sebaliknya RAM sangat bisa diisi dengan data sewaktu-waktu. Data dalam ROM dapat dimodifikasi hanya dengan prosedur yang namanya flashing. Prosedur flashing membutuhkan pemahaman yang baik akan sistem operasi, sehingga tidak akan kita bahas secara mendalam di ulasan kali ini.
   iv.        CLOCK
CLOCK merupakan sinyal listrik yang berupa suatu denyutan dan berfungsi untuk mengkoordinasikan atau mengsinkronisasikan setiap aksi2x atau proses2x yg dilakukan oleh setiap komponen didalam perangkat elektronika.
Oleh karena itu nilai Clock sangat penting artinya agar perangkat elektronik dapat berfungsi sebagaimana mustinya. Bayangkan saja ... jika tidak ada sinyal clock ....
Komponen2x semaunya sendiri melakukan aksinya ... ga ada yang koordinir ... dan ga ada yg menyelaraskan. Kacau donk ...
Ada beberapa istilah penting yg berkaitan dengan Clock, yaitu :
Cycle : adalah satuan yang digunakan untuk menandakan selesainya satu siklus clock, mulai dari denyutan dikeluarkan kemudian naik hingga nilainya mencapai 1 lalu mulai turun nilainya hingga 0
Cycle Time (T) : adalah jumlah waktu yg diperlukan oleh sinyal clock untuk menyelesaikan satu (1) siklus clock
Rise Time : adalah waktu yang dibutuhkan untuk perubahan nilai clock dari 0 ke 1
Fall Time : adalah waktu yang dibutuhkan untuk perubahan nilai clock dari 1 ke 0
Clock Frequency (F) : adalah besaran untuk menilai kemampuan suatu sinyal clock dalam menciptakan satu siklus denyutan setiap detiknya alias berapa banyak cylce per detik yang dapat di hasilkan oleh sinyal clock. Sesuai standra internasional, Satuan yang digunakan untuk mengukurnya adalah Hertz = Hz, dimana 1Hz sama dgn satu cycle per detik.
Sebagai contoh, jika sinyal clock membutuhkan waktu 10ms (micro second) dalam menyelesaikan satu siklus denyutan (cycle) maka clock frequency = 1/0,001 = 1000 Hz = 1KHz
    v.        VGA
VGA adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.
Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.
Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.
5.     

      i.         ATHLON XP
Athlon XP
Palomino (180 nm)
L1-Cache: 64 + 64 KiB (Data + Instruksi)
L2-Cache: 256 KiB, kecepatan penuh
MMX, 3DNow!, Streaming SIMD Extensions / SSE
Soket A (EV6)
Front side bus: 266 MT/s (133 MHz double-pumped)
VCore: 1.75 V
Keluar pertama: 9 Oktober 2001
Clockrate: 1333 - 1733 MHz (1500+ to 2100+)
    ii.        ATHLON 64
 kalo athlon 64 3200+ 2,4 ghz lbh bagus dari P4 3,0 ghz? Soalnya di cover game cod4 tertulis minimum spek P4 3,0 ghz or amd athlon 64 3200+ tanpa speed
   iii.        ATHLON 2x
BL474560 - Sep 15 2015       
2076
BL471201 - Sep 08 2015       
1918
BL461454 - Aug 21 2015       
1841
BL460620 - Aug 20 2015       
1850
BL459084 - Aug 17 2015       
1845
PassMark Software © 2008-2015       
   iv.        ATHLON 88
adalah satuan khusus Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk penanggulangan terorisme di Indonesia. Pasukan khusus ini dilatih khusus untuk menangani segala ancaman teror, termasuk teror bom. Beberapa anggota juga merupakan anggota tim Gegana.
Detasemen 88 dirancang sebagai unit antiterorisme yang memiliki kemampuan mengatasi gangguan teroris mulai dari ancaman bom hingga penyanderaan. Densus 88 di pusat (Mabes Polri) berkekuatan diperkirakan 400 personel ini terdiri dari ahli investigasi, ahli bahan peledak (penjinak bom), dan unit pemukul yang di dalamnya terdapat ahli penembak jitu. Selain itu masing-masing kepolisian daerah juga memiliki unit antiteror yang disebut Densus 88, beranggotakan 45-75 orang, namun dengan fasilitas dan kemampuan yang lebih terbatas. Fungsi Densus 88 Polda adalah memeriksa laporan aktivitas teror di daerah. Melakukan penangkapan kepada personel atau seseorang atau sekelompok orang yang dipastikan merupakan anggota jaringan teroris yang dapat membahayakan keutuhan dan keamanan negara R.I.
Densus 88 adalah salah satu dari unit antiteror di Indonesia, di samping Detasemen C Gegana Brimob, Detasemen Penanggulangan Teror (Dengultor) TNI AD alias Grup 5 Anti Teror, Detasemen 81 Kopasus TNI AD (Kopasus sendiri sebagai pasukan khusus juga memiliki kemampuan antiteror), Detasemen Jala Mengkara (Denjaka) Korps Marinir TNI AL, Detasemen Bravo 90 (Denbravo) TNI AU, dan Satuan Antiteror BIN.
    v.        ATHLON 990
Berbeda dengan prosesor AMD Bulldozer yang baru akan dirilis, motherboard beserta chipset yang mendukung AMD Bulldozer sudah bermunculan sejak awal bulan Juni lalu dimana chipset ini diluncurkan pada saat event Computex 2011. Untuk prosesor AMD Bulldozer, AMD merilis tiga tipe chipset northbridge terbaru yaitu AMD 990FX, 990X, dan 970 beserta chipset southbridge SB950. Motherboard dengan chipset AMD seri 9 ini telah dilengkapi tipe soket prosesor terbaru yaitu AM3+.
Di antara ketiga tipe chipset tersebut, AMD 990FX menempati kasta tertinggi. Umumnya chipset northbridge AMD 990FX akan dipasangkan dengan chipset southbridge SB950. Berada di kasta tertinggi tentunya kedua chipset ini digunakan oleh produsen motherboard untuk meracik motherboard AMD kelas high-end seperti yang dilakukan MSI dengan motherboard bernama MSI 990FXA-GD80.
6.    intel core i7

 Core I7
•Terdiri dari 4 processor dengan spesifikasi Quad Core didalamnya
•Support Hyper-Treading – Dapat memecah 4 processor menjadi 8 processor untuk menjalankan proses-proses yang berat secara bersamaan seperti proses 3D Rendering, Video Editing. Animation dsb.
•Turbo Boost – Maksimum overclocking otomatis berkisar 1.73 GHZ – 3.33 GHZ
•L3 Cache – 8-12 MB
•Teknologi Intel QuickPath Interconnect – Untuk mempercepat proses baca data hingga 25.6 GB / detik
•LGA Socket 1156
•Intel HD Graphics
•Maximal RAM – 24 GB
•Processor ini terbagi menjadi dua, yaitu :
Intel Core i7 M
Prosesor ini adalah Arrandale (2 inti prosesor) dengan performa terbaik. Teknologi 32 nm membuatnya bekerja dengan suhu relative rendah. Kecepatan tinggi, Hyper-threading, dan Turbo boost membuatnya memiliki performa tinggi. Apabila dipadu dengan VGA tambahan, notebook berbasis Core i7 M akan menjadi pilihan yang sangat baik bagi pencinta performa tinggi. Kemampuannya bahkan dapat bersaing dengan Core i7 QM. Tentu saja, dengan harga yang relatif lebih terjangkau.
7.    intel 286
Prosesor Intel 80286 atau cukup disingkat menjadi "286" atau iAPX 286 adalah sebuah mikroprosesor 16-bit, yang dibuat oleh Intel Corporation menggunakan mikroarsitektur Intel x86. Prosesor ini merupakan prosesor pengganti prosesor Intel 80186 dan Intel 80188. Chip ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1 Februari 1982, dan langsung digunakan pada komputer IBM PC/AT pada tahun 1982. Chip ini mengandung 134000 transistor. Kecepatan pemrosesan yang ditawarkan oleh prosesor ini adalah 6 MHz atau 8 MHz, lebih cepat daripada Intel 8088 yang berjalan pada kecepatan 4.77 MHz. Versi terakhirnya memiliki kecepatan hingga 12,5 MHz (AMD dan Harris Corporation kemudian menerbitkan prosesor yang setara secara arsitektural dengan kecepatan yang melebihi prosesor Intel 80286, yakni 20 MHz [AMD] dan 25 MHz [Harris]). Prosesor ini populer digunakan di dalam komputer IBM PC/AT dan yang kompatibel dengannya selama pertengahan dekade 1980-an hingga awal dekade 1990-an.
Sistem yang menggunakan prosesor ini lebih cepat dibanding pendahulunya, karena memang prosesor ini lebih efisien dalam eksekusi instruksi. Menurut Intel, prosesor Intel 8086 dan Intel 8088 membutuhkan 12 siklus detak (clock cycle) untuk melakukan satu instruksi, tetapi prosesor ini dapat melakukannya dalam 4,5 siklus detak. Selain itu, prosesor ini pun dapat menangani data hingga 16-bit pada satu waktunya, sehingga kekuatan pemrosesan prosesor ini pun jauh jika dibandingkan dengan pendahulunya.
Chip ini memiliki dua mode operasi, yakni real mode dan protected mode. Dua metode tersebut sama sekali berbeda, sehingga 286 menyerupai dua chip berbeda. Ketika berjalan pada real mode, prosesor ini berjalan seperti layaknya prosesor Intel 8086 dan 8088, sehingga kompatibilitas pun terjaga. Sedangkan pada protected mode, yang merupakan modus asli dari prosesor ini, 286 dapat mengakses memori lebih besar daripada 1 MB (hingga 1 Gigabyte, secara teoritis meski Intel hanya mengimplementasikan 16 MB saja). Meski sistem operasi DOS dapat menggunakan RAM tambahan dengan menggunakan extended memory emulation, sedikit saja komputer yang diperkuat dengan prosesor ini dilengkapi dengan RAM yang mencapai satuan megabyte.
Prosesor Intel 80286 didesain untuk menjalankan banyak aplikasi multitasking, yang mencakup aplikasi komunikasi (seperti halnya PBX otomatis), sistem dengan banyak pengguna (multiple-user system), serta kontrol proses waktu nyata (real-time process control).
Kelemahan signifikan dari 286 adalah chip ini tidak dapat melakukan switching dari protected mode ke real mode tanpa adanya restarting pada komputer, meski ia dapat melakukan switching dari real mode ke protected mode tanpa restarting. Hal ini telah dikoreksi pada prosesor Intel 80386.

Pada zamannya, chip ini kurang banyak digunakan secara penuh kemampuannya, mengingat kurangnya aplikasi yang mendukung.
Thx dah buat lu semua yg udh mampir di blog gw ini sebenarnya gw ngepost buat tugas sekolah juga si hehehe :D ,udh dulu yah guys semoga bemanfaat SEE YOU..................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar